Php MySql



Lama juga saya gx nulis di blog ini, kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang cara membuat website dinamis mengunakan bahasa Pemograman Php dan mySql.
"Sekilas tentang php
PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk Merancang Website dinamis. PHP juga dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS (Content Management System) seperti  Wordpres, Joomla dll. ;

Tapi sebelum mempelajari php alangkah baiknya kawan semua sudah ada pemahaman :
  1. HTML
  2. MySQL
  3. CSS 
" Persiapan
Sebelum masuk ke koding persiapkan terlebih dahulu Software Software yang di butuhkan
1.Web Server ini bertugas menangani request web, termasuk PHP dan Ada beberapa software web server yang gratis PHP dan My Sql:
Silakan download dan install salah  satu server di atas (terserah agan agan mau pake yang mana)
Saya sendiri mengunakan Xampp, karena saya mengunakan xampp saya hanya akan memnjelaskan tentang cara penggunaan Xampp saja,
pastikan Xampp sudah terpasang dengan baik di pc saudara dengan cara menjalankan xampp Control panel yang ada di folder Xampp seperti ini :

Centang pada Apache, dan My Sql lalu pilih admin pada apache maka pada browser anda akan di bawa kehalaman localhost/xampp, tampilannya sepeti ini :


itu menandakan web server anda sudah jalan dan untuk pembuatan database di mySql cukup dengan memilih pada menu tool => phpmyadmin pada menu kiri atau dengan mengakses localhost/phpmyadmin/ di alamat web browser anda, dan akaan masuk ke menu database seperti ini :
Untuk cara pembuatan databasenya akan saya paparkan nanti pada tulisan saya selanjutnya!!

Wamp server mungkin ada perbedaan, setau saya perbedaannya hanya dari segi root nya aja!! klo xampp acces Webroot-nya di folder C:/xampp/htdocs sedangkan di di wamp webroot nya terletak di C:/wamp/www, untuk perbedaan yang lainnya temen bloger bisa sharing disini.
sebagai catatan kecil (webserver tidak harus di instal pada directory C: tapi bisa juga di instal pada directory D: atau directory lainnya!!)

2. Software yang kedua yaitu editor, terserah bisa menngunakan notepad ++, Adobe Dreamwever, Neatbeans, Eclipse, PhpDesigner, dll.

Untuk tahap koding akan saya paparkan pada tulisan selanjutnya,,,
Semoga bermanfaat!!!! 
 



0 komentar :

Posting Komentar

-- POPULAR POST --

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus